• Wed. Apr 24th, 2024

UBICO News

Portal Berita Akuntansi, Pajak, Keuangan dan Bisnis Terpercaya

Wajib Dicatat! Waktu Operasional Kantor Pajak Selama Ramadhan 1442H

Bulan ramadhan 1442H sudah datang. Bulan yang ditunggu umat muslim sedunia. Dan seperti biasa jam-jam kantor di seluruh Indonesia turut menyesuaikan. Tidak terkecuali kantor pajak, juga memberlakukan jam khusus untuk ramadhan.

Lewan twitter resminya @DitjenPajakRI, menyebutkan bahwa operasional kantor pajak, baik untuk contact center DJP dan Kring Pajak, adalah mulai pukul 08.00 sampai 15.00. Tentu saja menyesuaikan wilayah waktu masing-masing. Kecuali untuk kring pajak mengikuti wilayah Indonesia Barat (WIB) saja.

Bagaimana kalau ingin datang langsung ke kantor pajak?

Jam operasionalnya sama, namun harus mengambil tiket antrian terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengunjungi situs kunjung.pajak.go.id. Di sana calon pengunjung dapat menentukan sendiri keperluannya dan jadwal kunjungan.

Terdapat beragam layanan keperluan, untuk kunjung pajak, diantaranya: tempat pelayanan terpadu, layanan konsultasi perpajakan, layanan konsultasi aplikasi, layanan janji temu, dan aneka layanan lainnya.

Untuk layanan janji temu calon pengunjung harus membuat kesepakatan untuk bertemu dengan petugas yang dituju. Layanan tatap muka seperti itu, dilaksanakan menyesuaikan dengan kapasitas kantor pajak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan manfaat yang diperoleh dari kring pajak pada nomor 1500200, ada beragam baik bagi yang menginputkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) atau tidak. Untuk yang tidak menginputkan NPWP maka hanya layanan tertentu yang bisa dilayani.

Akan tetapi jika menginputkan NPWP, maka fasilitas yang didapat lebih banyak. Pertama layanan lupa nomor EFIN (Electronic Filling Identification Number) dan permintaan kode verifikasi. Kedua layanan perubahan data wajib pajak, mengaktifkan dan menonaktifkan pajak non efektif. Ketiga informasi dan aplikasi ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Kelima informasi dan aplikasi PPn dan PPnBm. Serta yang keenam layanan pengaduan.

Nah, banyak bukan saluran untuk terhubung dengan kantor pajak. Warga bijak taat pajak!

By Wewin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *