• Wed. Feb 8th, 2023

UBICO News

Portal Berita Akuntansi, Pajak, Keuangan dan Bisnis Terpercaya

Pengabdian Masyarakat: Otomatisasi Keuangan Unit Usaha Pesantren dengan Menggunakan Aplikasi  Accurate Online

ByUBICO News

Jul 18, 2022

Pondok pesantren memiliki peranan penting dalam memajukan kesejahteraan, tidak hanya untuk stakeholder yang ada didalamnya namun juga terhadap kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Dalam menunjang hal tersebut banyak pesantren memiliki unit usaha sebagai bentuk kemandirian ekonomi.

Pondok Pesantren Nurul jadid merupakan salah satu pesantren yang terletak di daerah Probolinggo yang  memiliki 6 sektor unit usaha dan salah satunya adalah UD mandiri yang bergerak dalam sektor logistik penyediaan alat alat dan bahan bangunan yang bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan logistik pesantren tapi juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar pesantren.

Dalam pencatatan laporan keuangannya unit usaha yang dimiliki pondok pesantren masih dilakukan secara manual hal ini berdampak pada laporan keuangan yang tidak akurat, sulitnya memastikan ketersediaan barang dan juga kecurangan yang terjadi dalam penjualan sulit untuk terdeteksi.

Melihat hal tersebut, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB  Ubaidillah, SE., M.Sc., Ak. Tertarik melakukan pengabdian masyarakat dengan merancang sistem otomatisasi keuangan unit usaha pesantren agar arus keuangan dari unit usaha tersebut dapat berjalan secara transparan, cepat dan akurat.

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi akuntansi berbasis digital  menggunakan aplikasi “accurate online” yang nantinya di implementasikan dalam pengelolaan keuangan unit usaha Pondok Pesantren Nurul Jadid.

Pelatihan ini dilakukan di Pondok Nurul Jadid yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Sabtu, 21 Mei 2022 dan Minggu, 22 Mei. Acara ini diikuti oleh 2 unit usaha yaitu mandiri logistik dan NJ mart yang berlokasi di Probolinggo.

“dengan perkembangan pesantren saat ini maka pencatatan keuangan secara manual dirasa sudah tidak relevan lagi, Untuk itu dibutuhkannya digitalisasi dalam pencatatan laporan keuangan yang akan memberikan kemudahan dan kebermanfaatan dalam peningkatan kemandirian pondok pesantren”, kata Ubaidillah, SE., M.Sc., Ak. saat memberikan pelatihan.
Pelatihan dilakukan guna memberikan sosialisasi sekaligus pelatihan penggunaan aplikasi laporan keuangan berbasis online yaitu accurate. Tindak lanjut dari pelatihan tersebut dilakukannya pendampingan dan evaluasi rutin bulanan dalam rangka optimalisasi dari implementasi accurate online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *