• Tue. May 21st, 2024

UBICO News

Portal Berita Akuntansi, Pajak, Keuangan dan Bisnis Terpercaya

Ikuti 10 Tips Anti Gagal, Marketing Di Media Sosial

Bisnis tentu membutuhkan pemasaran (marketing). Tanpa marketing, bisnis tidak akan dikenal. Dengan marketing, bisnis bisa bertahan dan menjadi besar.

Jaman sekarang, marketing bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai yang langsung, dengan membuka outlet atau door to door, hingga cukup membuat konten di media sosial. Tentu saja ini menjadi kesempatan bagi siapa saja, untuk bisa berjualan bisnisnya.

Kalau dulu harus pinter ngomong di depan orang untuk marketing, kini jamannya agak berbeda. Maka jangan heran jika pasukan emak-emak, kini juga berjaya jualan.

Ingin turut berjaya jualan lewat online? Berikut ada 10 tips praktis yang dapat diikuti, yang disarikan dari berbagai sumber.

1.Buat akun

Langkah paling pertama yang harus dilakukan, tentu saja membuat akun di media sosial. Kalau tidak punya akun, bagaimana bisa mulai pemasaran?

Cara membuat akun di media sosial, semuanya mudah. Asal persiapkan alamat email, jadi deh! Setelah ada verifikasi dari pendaftaran, maka update bisnis sudah bisa dimulai.

2.Buat konten bermanfaat dan menarik

Tapi ingat, bahwa hanya konten tertentu yang akan menarik banyak penonton. Kalau banyak penonton, maka kemungkinan barang terjual juga meningkat. Maka, perlu untuk membuat konten yang bermanfaat dan menarik.

Orang datang melihat sesuatu, umumnya karena ia butuh. Kebutuhan adalah karena adanya manfaat yang ditawarkan. Maka buatlah konten yang bermanfaat.

Cukup?

Tentu saja belum. Bermanfaat saja, tidak menarik, maka tak ubahnya buku pelajaran yang hanya berisikan tulisan saja. Tentu jarang yang tertarik terhadapnya. Maka buatlah konten yang memiliki daya tarik. Konten yang menarik, bisa dari judulnya atau tampilannya. Untuk pemberian judul ada satu hal yang perlu diingat, fokuslah pada ketakutan dan keinginan dari penonton. Dengan demikian judul yang dibuat akan memiliki daya tarik.

3.Konsisten

Algoritma media sosial, mengikuti konsistensi. Makin sering upload, maka akan makin banyak dilihat. Makin jarang akan tenggelam, bahkan hilang, ditelan update ribuan tiap jam.

Oleh sebab itu, perlu untuk konsisten mengupdate konten di media sosial. Sehingga kemungkinan terlihat akan lebih besar. Oleh sebab itu buatlah jadwal update.

4.Buat jadwal update

Ada banyak pendapat mengenai jadwal update di media sosial. Sampai ada yang memisahkan per media sosial, kapan waktu paling tepat untuk melakukan posting.

Sebenarnya, hanya pemilik konten yang memahami kapan waktu update terbaik. Caranya adalah dengan melakukan analisis viewer terbanyak, pada konten yang telah dibuat. Tentu saja terlebih dahulu update pada jam acak. Selanjutnya analisis mana yang memiliki viewer terbanyak. Dari sana bisa diputuskan kapan waktu update terbaik.

Tetapi kalau ingin mengikuti pendapat umum, jadwal update terbaik adalah saat makan siang dan makan malam. Waktu-waktu tersebut, adalah saat bersantai, yang tentu saja tidak terlepas dari media sosial.

5.Maksimalkan fitur yang ada

Ada banyak fitur di media sosial, maka manfaatkan dengan maksimal. Dengan demikian tampilan update juga akan menjadi menarik. Ingat, pemilik media sosial sudah memperkirakan dan mempelajarai, bagaimana pergerakan selera penggunanya.

6.Hastag

Hastag ibarat cluster. Dengan memberikan tanda, maka update konten akan lebih mudah ditemukan.

Contohnya, ada pengguna media sosial yang sedang mencari hal tertentu tapi tidak tahu pasti yang akan ditujunya. Maka ia akan menggunakan search.

7.Ikuti akun media sosial sejenis

Tak jauh berbeda dengan pemberian hastag, mengikuti akun sejenis, juga akan membantu dalam pemasaran bisnis.

Jika memiliki akun jualan martabak, maka ikuti akun lainnya yang berjualan martabak pula. Dengan demikian akan lebih tepat mencapai konsumen yang sesuai. Update akan terbaca oleh orang yang tepat, dan akan memperbesar kemungkinan suksesnya transaksi bisnis.

8.Manfaatkan yang khusus untuk bisnis

Bisnis, maka gunakan yang khusus untuk bisnis. Media sosial seperti whatsapp, facebook dan instagram, memiliki fitur khusus untuk model bisnis. Tentu saja sangat membantu pemasaran. Bahkan tak jarang untuk even khusus, akan ada tambahan fitur yang cukup membantu bisnis. Jadi manfaatkan!

9.Branding dan buat ciri khas

Branding dan ciri khas adalah hal penting dalam bisnis. Sehingga bisnis lebih mudah dikenali. Maka update pemasaran yang dilakukan akan segera direspon. Harapannya adalah deal transaksi yang terjadi.

Maka buat branding dan tunjukkan ciri khas dari produk yang dijual. Maka customer potensial akan berkumpul. Tak hanya menjadi potensial, namun benar-benar menjadi customer setia.

Caranya tentu saja dengan terus memahami, manfaat yang diberikan oleh produk kepada konsumen. Dengan demikian akan ditemukan ciri khas produk yang ditawarkan.

10.Lakukan monitoring dan analisis

Konten, update atau kegiatan apapun perlu monitoring dan analisis, agar berhasil untuk terus beradaptasi. Tak hanya beradaptasi, namun terus menjadi baik.

Maka terus lakukan monitoring dan analisis, dengan melihatnya pada fitur yang disediakan oleh media sosial. Cara paling mudah adalah dengan melihat banyaknya like, viewer, dan model analisis lainnya. Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan kualitas konten yang dibuat.

Jadi, sudahkah anda update bisnis anda hari ini? Segera lakukan, dan order segera berdatangan!

By Wewin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *