• Wed. May 22nd, 2024

UBICO News

Portal Berita Akuntansi, Pajak, Keuangan dan Bisnis Terpercaya

Bisnis 2021, Bisnis Terdigitalisasi, Begini Ciri Khasnya

Bisnis 2021 diwarnai dengan cobaan yang berat, yaitu pandemi. Kebangkrutan menerpa perusahaan besar dan kecil.

Tetapi nyatanya ada yang terus bertahan, berkembang. Bahkan ada banyak bisnis baru bermunculan. Lalu bagaimana ciri khas bisnis yang mampu terus berkembang di 2021, atau bahkan di tahun-tahun berikutnya?

Pemahaman Terhadap Selera Konsumen

Bisnis saat sekarang, seringkali dikenali sebagai era bisnis 4.0. Pada periode ini, bisnis bukan hanya tentang menyediakan barang. Kemudian berlomba untuk mengatakan bahwa produk kita adalah yang terbaik. Bahkan mungkin dengan mengatakan yang lain lebih buruk.

Sekarang konsumen tidak butuh yang demikian. Mereka membutuhkan bisnis yang mampu menjawab kekhawatiran dan harapan mereka. Bisnis 2021 yang mampu memahami konsumen, memenuhi kedua hal tersebut, akan mampu bertahan dan berkembang.

Unik

Kini banyak sekali bisnis serupa. Bahkan ada yang disebut prinsip ATM (Amati Tiru Modifikasi). Maka keunikan adalah yang dikejar oleh konsumen.

Semakin unik dalam hal pemenuhan keinginan konsumen, maka bisnis anda akan mampu bertahan.

Adaptif Tehadap Perubahan

Perubahan adalah sesuatu yang pasti. Menghindarinya adalah kesalahan besar. Apalagi dalam hal berbisnis.

Bisa jadi anda mampu menyediakan barang atau jasa yang unik dan dibutuhkan. Namun jika tidak adaptif terhadap perubahan, konsumen akan segera meninggalkan anda. Ingat perubahan terus terjadi, tidak peduli kepada anda.

Digitalisasi

Digitalisasi adalah kunci bisnis di 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Kini mulai dari pemasaran, keuangan dan administrasi dalam bisnis haruslah terdigitalisasi.

Ini adalah langkah paling tepat untuk mengikuti perubahan dunia yang demikian cepat. Tanpa digitalisasi, maka pengelolaan bisnis akan lambat dan terhambat.

Agar adaptif terhadap digitalisasi, maka tidak ada yang bisa dilakukan, selain terus belajar.

Bisnis 2021, bahkan sebelumnya sejak ada pandemi, mulai bergeser ke arah digitalisasi. Pertemuan langsung antar manusia dibatasi, sehingga digitalisasi menjadi alternatif, bahkan solusi.

Pasar Lebih Luas

Dampak dari semuanya adalah peluang pasar yang lebih luas. Kini di 2021, orang-orang dengan mudahnya menjual barang antar daerah, antar pulau, bahkan ke luar negeri.

Digitalisasi membuat semua menjadi nyata. Kini promosi yang dahulu membutuhkan biaya yang besar, dapat dilakukan hanya dengan paket data yang tidak seberapa.

Lalu masihkah anda akan menunggu dunia berubah untuk anda?

Tentu saja anda yang harus segera mengadaptasi diri. Bisnis adalah tentang terus belajar dan berbenah. Karena sekali berhenti melangkah, maka bakal terlindas perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *