• Tue. Jun 18th, 2024

UBICO News

Portal Berita Akuntansi, Pajak, Keuangan dan Bisnis Terpercaya

Whatsapp Bisnis untuk UMKM, Simak 7 Fitur Pintar Jualannya!

Whatsapp bisnis untuk UMKM tentu bukan hal yang asing bagi pebisnis UMKM. Bahkan bisa disebut sebagai salah satu aplikasi penting yang perlu dimiliki oleh UMKM. Karena dalam bisnis komunikasi yang lancar, akan sangat berpengaruh pada penjualan dan tentunya perolehan omzet. Semakin lancar komunikasi bisnis Sobat UMKM, maka sangat mungkin akan meningkatkan penjualan. Oleh karena kebutuhan tersebut, maka whatsapp mengembangkan versi bisnisnya yang dikenal sebagai whatsapp bisnis. Versi ini bisa membantu Sobat UMKM, untuk lebih pintar jualan. 

Lalu sebenarnya fitur atau fasilitas jualan apa saja yang ada pada whatsapp bisnis, sehingga berbeda dengan whatsapp biasa?

Ok, mari simak 7 fitur pintar jualan di whatsapp bisnis, yang bakal membantu Sobat UMKM.

1. whatsapp bisnis untuk UMKM, menyediakan profil dan katalog

Fitur pertama dalam whatsapp bisnis untuk UMKM ini, kegunaannya adalah untuk memberitahukan identitas bisnis dan barang yang dijual oleh Sobat UMKM. Identitas bisnis yang bakal ditampilkan pada profil adalah: nama bisnis, jenis bisnis, deskripsi jenis bisnis, jam buka, alamat email, alamat website, alamat facebook, info tambahan, dan nomor telepon. Sedangkan untuk katalog menampilkan foto barang, nama barang, harga, dan keterangan barang. Tentu saja Sobat UMKM perlu untuk melengkapi keseluruhan profil. Sedangkan untuk katalog selain lengkap, Sobat UMKM juga harus menyertakan foto terbaik dari produk yang dijual. Nantinya pelanggan dapat langsung memilih barang melalui katalog. 

Untuk melakukan pengaturan fitur tersebut, Sobat UMKM cukup memilih fitur bisnis dan pilih profil dan katalog. Kemudian ikuti langkah berikutnya sesuai petunjuk yang diberikan whatsapp bisnis.

2. Greeting dan away message

Sobat UMKM tentu ingin memberikan kesan yang baik pada setiap pelanggan, baik yang baru atau lama. Untuk melakukannya, Sobat UMKM dapat menggunakan fitur greeting dan away message, dalam whatsapp bisnis untuk UMKM. Apa beda keduanya?

Fitur greeting tentu saja dipergunakan untuk mengucap salam secara otomatis kepada pelanggan atau orang yang menghubungi whatsapp bisnis Sobat UMKM. Fitur ini diperuntukkan bagi pelanggan yang baru menghubungi whatsapp Sobat UMKM, untuk pertama kalinya. Selain itu diperuntukkan pula bagi pelanggan yang sudah tidak menghubungi selama 14 hari. 

Sedangkan untuk fitur away message diperuntukkan bagi orang yang menghubungi Sobat UMKM, di luar jam kerja. Adanya fitur ini sangat bermanfaat untuk menginformasikan alasan, Sobat UMKM tidak segera membalas pesan yang dikirim. 

Untuk mengaktifkan kedua fitur tersebut, Sobat UMKM juga cukup memilih fitur bisnis, kemudian pilih greeting dan away message, kemudian ikuti langkah yang diberikan oleh whatsapp bisnis. Untuk kata-kata pada greeting dan away message sudah disediakan oleh whatsapp bisnis, namun Sobat UMKM dapat mengeditnya sesuai kebutuhan.

3. Quick replies

Fitur berikutnya yang ada dalam whatsapp bisnis untuk UMKM adalah quick replies. Fitur ini membantu Sobat UMKM, untuk menjawab cepat pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pelanggan dan memiliki jawaban yang sama. Misalnya mengenai waktu jam buka, pelayanan delivery, dan banyak lainnya. Fitur ini sangat membantu untuk meminimalisir waktu ketik dan kesalahan. Karena ketika Sobat UMKM sedang sibuk, bisa jadi mengetik hal yang biasa dan mudah menjadi cukup merepotkan. 

Untuk mengaktifkannya, maka Sobat UMKM pilih fitur bisnis, kemudian quick replies. Selanjutnya Sobat UMKM, bisa menentukan kata-kata yang akan sering dipergunakan. Kemudian di bagian berikutnya, Sobat UMKM perlu menuliskan kata-kata yang lebih lengkap. Quick replies ini, untuk mengaktifkannya adalah dengan menggunakan lampiran dan pilih bulatan kuning dengan tanda petir. Selain itu bisa pula dengan mengetik “/”.

4. Kategori kontak

Dalam berbisnis tentu Sobat UMKM, memiliki banyak kontak yang terdiri dari: pelanggan lama, pelanggan baru, supplier, dan sebagainya. Seringkali ada nama kontak yang sama, namun memiliki fungsi yang berbeda bagi bisnis Sobat UMKM. Sehingga kemungkinan terjadi salah menghubungi akan terjadi. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, maka dalam whatsapp bisnis untuk UMKM bisa mengatur kategori kontak. Di sini Sobat UMKM bisa menggolongkan kontak sesuai fungsinya dalam bisnis. 

Untuk melakukan pengaturannya, maka Sobat UMKM cukup tekan lama pada kontak yang akan diberi kategori. Kemudian pilih segi lima yang ada di bagian atas whatsapp bisnis. Selanjutnya Sobat UMKM bisa memberikan kategori dan keterangannya, untuk setiap kontak.

5. Whatsapp bisnis untuk UMKM beriklan melalui broadcast

Fitur berikutnya dalam whatsapp bisnis untuk UMKM, erat hubungannya dengan iklan bisnis. Hal ini adalah penting dalam bisnis. Karena tanpa iklan, bisnis tidak dikenal dan tidak bisa menambah pelanggan baru. Oleh sebab itu, whatsapp menyediakan beberapa fitur untuk beriklan. Salah satunya adalah melalui broadcast. Dengan fitur ini, Sobat UMKM bisa menawarkan produk, promo, atau pemberitahuan, langsung kepada maksimal 254 kontak terdaftar. Melalui broadcast ini, Sobat UMKM akan mengirimkan pesan langsung, dan kemungkinan untuk terbaca lebih besar.

Untuk membuatnya maka Sobat UMKM cukup pilih broadcast, kemudian pilih kontak yang akan diberikan informasi. Kemudian setelah memilih semua kontak, tulis pesan bisnis Sobat UMKM. Selanjutnya, langsung tekan kirim. Maka secara otomatis, semua kontak yang terplih akan menerima pesan dari Sobat UMKM.

6. Whatsapp bisnis untuk UMKM beriklan melalui status

Fitur ini tentu Sobat UMKM sudah lancar mempergunakannya. Dengan status, Sobat UMKM bisa memamerkan aneka dagangan, promo, dan pemberitahuan. Namun untuk kemungkinan terbaca masih di bawah broadcast, karena bukan pesan langsung. Tetapi keberadaannya sangat penting, karena banyak orang yang akan menghubungi melihat ke status terlebih dahulu. Oleh karenanya, selalu update status bisnis, untuk memberitahukan dunia, bahwa Sobat UMKM ada dan siap untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk membuat status, maka pilih status, selanjutnya buat kata-kata, pilih video atau foto, dan langsung bagi. Maka secara otomatis status Sobat UMKM akan terlihat oleh semua kontak terdaftar. Status ini hanya akan bertahan selama 24 jam.

7. Whatsapp bisnis untuk UMKM iklan berbayar

Sobat UMKM merasa kurang dengan fasllitas iklan melalui broadcast dan status, maka Sobat UMKM dapat memilih iklan berbayar yang langsung tersambung ke facebook dan instagram. Tentu saja pelanggan yang mengenal bisnis Sobat UMKM akan semakin banyak. Untuk beriklan melalui fitur ini, Sobat UMKM cukup membayar mulai dari Rp 36.000 sampai Rp 700.000 per hari, menyesuaikan jumlah jangkauan orang yang akan melihat iklan. 

Jika Sobat UMKM tertarik untuk membuatnya, maka pilih promosikan katalog anda atau buat iklan pertama. Jika sudah memilihnya maka ikuti panduan dari whatsapp bisnis untuk beriklan, sampai kepada pilihan pembayaran. Sobat UMKM nantinya akan diberikan instruksi untuk pembayaran iklan yang dibuat.

1 lagi yang menarik dari whatsapp bisnis untuk UMKM

Ada tambahan 1 fasilitas lagi dari whatsapp bisnis untuk maksimalisasi komunikasi. Fasilitas tersebut adalah whatsapp bisnis bisa dipergunakan di maksimal 5 gadget sekaligus, dengan masing-masing gadget dapat mengirim pesan yang berbeda. Dengan begini maka, Sobat UMKM bisa membuat tim pemasaran, yang masing-masing berfokus kepada market yang berbeda. Sedangkan kontrol tetap ada di Sobat UMKM. 

Selain sehubungan dengan marketing, Sobat UMKM juga bisa melakukan beberapa fungsi komunikasi. Misalnya satu gadget untuk marketing, lainnya untuk layanan pelanggan, dan 3 sisanya untuk fungsi komunikasi yang lain. Semua cukup mempergunakan 1 nomor whatsapp. Tentu saja sangat membantu dalam komunikasi bisnis. Dengan kelebihannya tersebut, untuk mempergunakan 5 gadget sekaligus untuk 1 whatsapp, Sobat UMKM cukup scan QR code.  

Whatsapp bisnis untuk UMKM ternyata memang memberikan banyak kemudahan dalam komunikasi bisnis, sehingga menjadikan pintar jualan. Apakah Sobat UMKM sudah menggunakan semua fitur tersebut? Jika belum, segera pergunakan dan dapatkan peningkatan penjualan yang signifikan.

By Wewin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *