• Wed. Apr 24th, 2024

UBICO News

Portal Berita Akuntansi, Pajak, Keuangan dan Bisnis Terpercaya

Ingin Mulai Berbisnis di 2023? Coba 7 Peluang Bisnis Berikut

Sudah sampai di 2023 aja, apakah kamu mau mulai berbisnis di 2023? Yuk, simak 7 peluang bisnis 2023, yang bisa kamu jalankan!

1. Bisnis F&B

Bisnis makanan dan minuman alias food and beverage (F&B), memang nggak pernah ada matinya. Ya, karena setiap orang mesti membutuhkan makan setiap hari. Beberapa model bisnis F&B yang bisa kamu jalankan diantaranya:

  • Resto atau warung. Ini adalah model paling dikenal dalam bisnis ini. Kamu bisa memulainya dengan membuka resto atau warung, kemudian menjual makanan yang kamu masak sendiri. Atau bisa juga kamu cukup menjadi pemodal dan mengajak orang lain untuk membuatkan masakan di warungmu. Kemudian kamu tinggal menunggu dan mencari pelanggan yang datang ke warungmu.
  • Katering. Tak ada modal untuk membuka resto atau warung, kamu bisa memasak by order atau pesanan dengan membuka catering. Biarkan orang-orang memesan makanan ke kamu. Bisnis ini makin banyak peminatnya, apalagi kalau kamu menawarkan makanan katering yang memiliki ciri khas, seperti katering non gluten atau katering untuk menu diet. Maka pasar khusus tersebut akan menjadi pelanggan setia bisnismu. Ingat sekali lagi, makan itu setiap hari, maka bisa jadi mereka memesan setiap hari pula.
  • Frozen food. Sejak badai covid-19 melanda, bisnis satu ini makin diminati. Ada banyak orang yang ingin memasak sendiri setiap makanan yang dilahapnya, tetapi tidak sempat menyediakannya, sehingga frozen food menjadi pilihan. Tapi kini meski status PPKM telah dicabut, toh pamor frozen food tetap moncer. Ibaratnya sudah menjadi bagian gaya hidup.
  • Franchise. Kalau kamu ada modal, dan kebetulan tidak mungkin melakukan beberapa model bisnis F&B yang disebutkan, kamu bisa tetap berbisnis dengan membeli franchise. Kalau yang satu ini terus bermunculan yang baru, dan yang lama juga masih banyak bertahan. Kamu tinggal beli franchise, dan sisanya akan dipikirkan dan disediakan oleh penjual franchise. Mudah bukan?

2. Bisnis Fashion

Masih kebutuhan primer manusia, yakni berpakaian. Bisnis ini selalu cuan sepanjang tahun, sehingga layak dijadikan peluang bisnis 2023. Berikut adalah beberapa jenis bisnis fashion di 2023 yang bisa kamu lirik.

  • Tailor. Buat kamu yang bisa dan hobi menjahit, bisa buka jasa desainer baju, jahit, permak, sampai menjadi tutor untuk orang yang ingin belajar menjahit. Semuanya bisa cuan.
  • Fashion shop. Tak bisa menjahit tapi kamu suka dengan fashion, bisa memilih yang terbaik termasuk padu padannya, buka saja toko fashion. Tidak selalu perlu tempat yang strategis, karena kini kamu bisa membuat bisnismu menjadi strategis secara online. Kini konsumen fashion semakin banyak yang beralih ke pembelian online. Jadi kamu bisa menjangkaunya melalui toko fashion online. Nanti kalau sudah ada cukup modal, kamu bisa mulai buka toko offline. Kalau berbarengan membuka keduanya, wah tambah bagus tentunya.
  • Preloved shop. Kamu hobi belanja fashion bermerek dengan jumlah limited edition, tapi ujung-ujungnya hanya memenuhi lemari? Buka aja preloved shop. Banyak kok orang lain yang berharap memiliki fashion preloved-mu, cuma mereka kalah gercep saja. Mereka mau membayar barangmu dengan harga yang pantas, bahkan bisa lebih mahal. Maka jadiin bisnis, sehingga kamu bisa tetap memburu fashion tercinta limited edition.
  • Thrift shop. Kini orang-orang makin berminat dengan fashion berkualitas terbaik dengan harga yang ramah di kantong. Kalau sudah demikian thrift shop jawabannya. Kamu bisa memborong pakaian bekas yang masih layak pakai, kemudian menjualnya. Umumnya pakaian bekas ini, diperoleh dari impor, serta untuk membelinya dengan sistem per kilo. Sudah terbayang kan, laba yang bakal kamu dapatkan.

3. Bisnis Toko Kelontong

Bisnis di 2023 yang bisa kamu mulai adalah bisnis toko kelontong. Sesuai namanya, toko ini menyediakan kebutuhan sehari-hari. Buka toko kelontong tentu paling tepat di areal perumahan atau padat penduduk. Sediakan barang kebutuhan setiap konsumenmu, maka toko kelontongmu tidak akan pernah sepi pembeli. Tentu saja kamu harus memiliki bangunan untuk mewujudkannya. Kamu bisa memanfaatkan garasi atau bagian depan rumah. Bisa pula menyewa tempat jika ada cukup dana untuk sewa tempat.

4. Bisnis Toko Online

Nah, kalau bisnis yang satu ini, kamu harus selalu online setiap saat. Ya karena tokomu online. Ada beragam jenis toko online, mulai dari makanan dan minuman, sampai kendaraan bermotor. Pokoknya bisnis di 2023 satu ini, bisa menyesuaikan dengan dirimu. Untuk membuka toko online juga tidak terlalu ribet, kamu bisa bergabung di marketplace seperti: tokopedia, lazada, shopee, dan sebagainya. Atau kamu juga membuat website toko online sendiri. Ssst, untuk membuat website toko online-pun kamu bisa mewujudkannya dengan mudah, semudah membuat akun di marketplace. Coba saja kunjungi lummoshop, odoo, dan sejenisnya untuk membuat website toko onlinemu.

5. Bisnis Franchise

Bisnis di 2023 yang bisa kamu jalankan dengan mudah, mungkin franchise. Karena kamu tinggal setor sejumlah modal, kemudian semua mekanisme bisnis termasuk barangnya sudah disediakan oleh franchisor alias penjual franchise. Kamu tinggal mengikutinya saja, dan menikmati hasil dari bisnis. Kini bisnis franchise tidak hanya jual makanan, ada banyak jenis franchise yang bisa kamu jalankan.

6. Bisnis Dropshipper

Dropshipper juga bisnis yang cuan di 2023. Jika kamu melakukan bisnis ini, hanya perlu modal smartphone, dan tekad untuk berbisnis. Bisa demikian karena kamu tinggal menawarkan barang dagangan orang lain yang bahkan kamu belum memilikinya. Kemudian jika laku, kamu akan memperoleh komisi. Jadi kamu tidak perlu kulakan barang, cukup menawarkannya dengan cerdas melalui gadget. Wah, bisnis di 2023 ini memang menarik untuk dilakukan siapapun.

7. Bisnis Content Creator

Menjadi content creator kini tidak hanya akan membuatmu terkenal, tapi juga menjadi ladang bisnis yang cuan di 2023. Inilah definisi sebenarnya hobi yang menghasilkan duit. Karena menjadi content creator kan umumnya diawali dari hobi. Kamu bisa menggunakan aneka media sosial untuk menjalankan bisnis ini. Telaten, rajin, maka cuan akan mengalir. Siapapun bisa menjalankan bisnis di 2023 ini, modalnya pun tidak besar. Tapi kalau kamu memodalinya dengan baik, tentu hasilnya juga akan luar biasa.

Hampir semua bisnis di 2023 yang telah disebutkan bisa dilakukan oleh siapapun. Mau kamu siswa, mahasiswa, pegawai, sampai ibu rumah tangga, bisa melakukannya. Karena bisnis sekarang selalu bisa dan harus dilakukan dengan online. Sehingga bisa dilakukan dimanapun, kapanpun. Selain itu sudah banyak tool yang membantu dalam berbisnis, seperti: membuat laporan keuangan, mengatur persediaan, hingga membuat iklan yang memanjakan mata. Tentu semua bisa dilakukan dengan online juga.

Jadi bisnis di 2023 mana yang menarik bagimu? Segera lakukan karena makin banyak kemudahan untuk mewujudkannya. Kalau ada permasalahan keuangan atau perpajakan, kamu dapat langsung menghubungi Ubico untuk berkonsultasi.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *