• Tue. Jun 18th, 2024

UBICO News

Portal Berita Akuntansi, Pajak, Keuangan dan Bisnis Terpercaya

Rekomendasi aplikasi akuntansi UMKM gratis

Aplikasi akuntansi UMKM, adalah software yang akan sangat membantu Sobat UMKM. Bukan hanya dapat menyediakan pencatatan keuangan sederhana, namun juga menghasilkan laporan keuangan. Kali ini kita akan membahas tentang 7 aplikasi akuntansi yang gratis, dan cocok dipergunakan Sobat UMKM. Yuk, disimak!

Syarat menggunakan aplikasi akuntansi UMKM

Untuk memulai menggunakan aplikasi akuntansi gratis, Sobat UMKM perlu memahami tentang pencatatan keuangan UMKM, tentang pencatatan transaksi keuangan bisnis, pada akun: harta, utang, modal, pendapatan, beban, penjualan, dan pembelian. Guna lebih jauh mengetahui tentang hal tersebut, Sobat UMKM dapat melihat dalam artikel tentang pencatatan keuangan UMKM.

Setelah Sobat UMKM memahami cara kerja alias pencatatan keuangan sederhana, berikutnya tentu menginstal aplikasi akuntansi. Untuk mendapatkannya Sobat UMKM bisa langsung browsing, kemudian mengetikkan nama aplikasi akuntansi UMKM yang dicari. Secara otomatis, Sobat UMKM akan diarahkan ke software akuntansi gratis yang dicari. Kemudian untuk proses instalasi dan sebagainya akan dipandu melalui website masing-masing aplikasi. 

Ok, berikut adalah 7 aplikasi akuntansi gratis untuk UMKM.

1. Gnucash, Aplikasi akuntansi UMKM berbasis desktop

Aplikasi akuntansi UMKM yang ini adalah program desktop, bukan web based / cloud. Sehingga untuk mendapatkannya, Sobat UMKM perlu ke website resmi Gnucash https://www.gnucash.org . Kemudian download aplikasinya, dan instal di komputer. 

Agar dapat menggunakan aplikasi ini, Sobat UMKM perlu memahami prinsip double entry accounting, yang juga sudah dibahas dalam pencatatan keuangan sederhana. Nah, beberapa kelebihan dari aplikasi ini adalah: reporting bisa otomatis dengan sekali klik data lengkap akan ditampilkan terdiri dari: Neraca, Laba Rugi, sampai revenue per customer, penggunaannya cukup mudah, navigasinya nyaman, fitur interfacenya makin lengkap, dan dokumentasi penggunaan lengkap. 

Sayangnya masih ada beberapa kekurangan, yaitu: perhitungan pajak di Gnucash sedikit berbeda dengan di Indonesia dikarenakan aplikasi ini memang berasal dari luar negeri, reporting custom masih cukup sulit (seperti laporan per proyek), berbasis desktop sehingga kurang leluasa dalam pemakaiannya.

2. ZipBooks

Aplikasi akuntansi UMKM yang kedua dan berikutnya adalah program berbasis web atau cloud, sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Untuk mendapatkannya, Sobat UMKM hanya perlu masuk ke website ZipBooks https://zipbooks.com/ , kemudian melakukan pendaftaran. Jika sudah disetujui tinggal login, dan memasukkan data perusahaan. Selanjutnya Sobat UMKM sudah bisa mencatat transaksi keuangan di dalamnya. 

Mengenai kelebihan aplikasi ini, diantaranya: terdapat fitur intelligence yang bisa menginformasikan skor kesehatan bisnis Sobat UMKM, tampilannya bersih dan menarik, serta seperti disebut di awal karena berbasis cloud bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Sedangkan kekurangannya adalah: untuk yang gratis terdapat pembatasan beberapa fitur, sistemnya sering mengalami bugs, kurang efektif dipergunakan di Indonesia, laporan akuntansi yang dihasilkan masih sangat minim, tidak ada balance statement, dan hanya dapat mempergunakan satu bank saja.

3. Wave Accounting

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan yang berasal dari Toronto, Canada. Wave Accounting juga berbasis web, sehingga jika ingin menggunakannya tidak perlu menginstal, hanya perlu mendaftar melalui email. Untuk melakukannya Sobat UMKM, bisa langsung meng-klik alamat berikut https://www.waveapps.com/ .

Kelebihan aplikasi ini adalah: waktu pendaftaran yang cukup singkat (bahkan kurang dari 1 menit), fitur pencatatan keuangan lengkap, bisa dipergunakan untuk lebih dari satu bisnis, bisa membuat invoice dalam jumlah tidak terbatas, cara menggunakannya sangat mudah bahkan Sobat UMKM tidak perlu membuat pencatatan double entry system, dan terdapat rangkuman keuangan bisnis.

Namun tentu saja ada beberapa kekurangan, yaitu: fitur tertentu dikenakan biaya dan tersedia di negara tertentu saja, pengguna gratis tidak dapat terhubung dengan customer service, adanya iklan yang tampil sebagai kompensasi penggunaan gratis, dan membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat.

4. Bokio

Aplikasi berikutnya berasal dari Swedia, dengan tagline “smart and simple accounting”. Maka tidak heran jika aplikasi ini memiliki kelebihan, yaitu: tidak ada batasan jumlah pengguna, laporan keuangan, jumlah pembuatan invoice unlimited, manajemen pengeluaran, dan dukungan teknis secara online. Sedangkan kekurangannya adalah untuk menikmati semua fitur penting dalam bisnis di dalamnya, Sobat UMKM perlu untuk memilih yang premium, dan sudah tentu berbayar. Jika Sobat UMKM tertarik untuk mencobanya, maka dapat langsung mendaftar di https://www.bokio.co.uk/ . Karena untuk menggunakan aplikasi ini tidak diperlukan instalasi.

5. Paper.id

Paper.id adalah aplikasi akuntansi untuk UMKM yang juga gratis dan untuk menggunakannya hanya perlu mendaftar di https://www.paper.id/ . Tentu saja karena aplikasi ini sudah berbasis cloud/web. 

Mengenai kelebihan aplikasi ini adalah: menyediakan fitur gratis yang dapat dipergunakan tanpa batasan waktu, sudah terintegrasi dengan payment gateway sehingga mempermudah pembayaran tagihan invoice, adanya fitur reminder invoice. Untuk kekurangannya adalah: fitur lengkap hanya bisa dipergunakan oleh pelanggan premium yang artinya berbayar, kurang cocok untuk retail atau bisnis yang frekuensi perdagangannya tinggi, belum ada fitur untuk manajemen aset tetap, belum ada sistem penggajian, laporan keuangan yang disajikan belum lengkap dan mendetail, serta belum ada mode offline yang sangat penting untuk menunjang bisnis dengan frekuensi transaksi tinggi.

6. Akaunting

Akaunting juga aplikasi yang berbasis web/cloud, sehingga untuk menggunakannya cukup mendaftar di https://akaunting.com/ . Selanjutnya Sobat UMKM sudah bisa memasukkan data keuangan, dan mulai mencatat transaksi keuangan di dalamnya. 

Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu: membuat invoice, menyinkronkan akun, melacak pengeluaran, mempersiapkan tagihan berulang, pengelolaan pelanggan dan vendor, menyediakan fitur paypal, dan ada fitur untuk langsung terhubung dengan bank. Sedangkan kekurangannya adalah: pendaftarannya tidak sederhana, agar bisa menggunakan semua fitur yang tersedia Sobat UMKM perlu mendownload dan akan dikenakan biaya tahunan, dan harus mlakukan setting terlebih dahulu untuk bahasa dan mata uang.

7. Kledo

Sebagaimana aplikasi nomor 1 sampai 6, Kledo juga berbasis web/cloud. Sehingga untuk menggunakannya Sobat UMKM cukup mendaftar di https://kledo.com/ . Kemudian ikuti langkah pendaftarannya, dan Sobat UMKM sudah bisa melakukan pencatatan keuangan sampai pelaporan keuangan.

Aplikasi ini memiliki kelebihan: tampilan yang bersih dan menarik, alur pengerjaan yang sederhana dan mudah dipahami, fitur lengkap, adanya fitur aset tetap dengan auto depresiasi, laporan akuntansi lengkap dengan tampilan cantik dilengkapi chart dan grafik, dirancang untuk bisnis di Indonesia sehingga lebih mudah diterapkan pada bisnis Sobat UMKM. 

Mengenai kekurangan aplikasi ini adalah seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, yaitu untuk menggunakan fitur lengkapnya maka perlu menjadi pengguna premium alias berbayar.

Aplikasi akuntansi UMKM gratis lainnya

Selain 7 aplikasi akuntansi UMKM yang telah dibahas, masih ada banyak aplikasi akuntansi gratis lainnya yang bisa Sobat UMKM pergunakan. Aplikasi tersebut diantaranya: Slick Pie, Money Manager Ex, VT Cashbook, dan masih banyak lainnya. Untuk mencarinya, maka Sobat UMKM tinggal mengetik namanya di mesin pencari. Kebanyakan dari aplikasi tersebut, sudah berbasis cloud sehingga tidak membutuhkan instalasi. Sobat UMKM hanya perlu mendaftar untuk mulai melakukan pencatatan keuangan.

Jadi, Sobat UMKM, ternyata banyak bukan aplikasi akuntansi UMKM yang gratis. Tentu saja dengan menggunakannya ada banyak keuntungan yang diperoleh, yaitu yang paling utama pencatatan keuangan yang tersistemasi dengan baik. Sehingga bisa menghasilkan laporan keuangan yang bisa dipergunakan untuk mengevaluasi dan merencanakan bisnis Sobat UMKM.

By Wewin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *