• Tue. Sep 20th, 2022

UBICO News

Portal Berita Akuntansi, Pajak, Keuangan dan Bisnis Terpercaya

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim yang terbesar di dunia. Menurut wikipedia.org, jumlah muslim di tanah air mencapai 231 juta jiwa. Maka tidak mengherankan, jika kemudian Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu pemain halal value chain (HVC) atau rantai ekonomi halal global.

Bagaimana Indonesia akan menjadi salah satu pemain di HVC global?

Tentu saja dengan beragam produk andalannya. Tanpa produk, maka tidak ada kesempatan untuk turut bermain dalam rantai ekonomi. Karena, rantai ekonomi tentu tidak jauh-jauh dari produksi, distribusi dan konsumsi.

Berbicara tentang produk, maka akan bersambung pada bisnis dan industri. Sesuai dengan namanya yang menyebutkan tentang halal, maka produk yang berperan dalam HVC haruslah dijamin halal.

Untuk mewujudkannya, Indonesia akan memfokuskan 6 industri potensial dalam HVC, sebagai berikut.

1. Makanan dan Minuman Halal

Indonesia memiliki aneka produk makanan dan minuman, yang diproduksi oleh muslim, dan dijamin kehalalannya. Maka ada potensi untuk bermain di global. Tentu saja demi mendukung hal tersebut, dibutuhkan sertifikasi halal.

Mengenai sertifikasi halal, kini produsen makanan dan minuman, juga tengah diedukasi oleh pemerintah, untuk segera mengurusnya. Karena peran sertifikasi halal sangat penting dan HVC global.

2. Pariwisata Halal

Zamrud khatulistiwa bukan hanya istilah yang membuat bangga. Namun memang benar demikian adanya.

Indonesia memiliki banyak potensi wisata, mulai dari alam, budaya sampai modern. Pariwisata halal tentu menarik untuk dikunjungi. Sebuah pariwisata, yang akan benar-benar menyegarkan rohani setiap insan.

3. Fesyen Muslim

Pebisnis fesyen muslim Indonesia cukup kreatif dan dikenal di dunia. Bahkan beberapa industri sudah secara teratur melakukan ekspor produk-produk fesyen muslim.

Maka tidak heran jika produk satu ini, juga menjadi unggulan dalam HVC.

4. Media-Rekreasi Halal

Rekreasi jiwa, saat ini tidak melulu tentang berwisata. Media juga menjadi sarana untuk rekreasi jiwa.

Maka tidak mengherankan jika media juga menjadi industri yang diunggulkan dalam HVC. Bahkan kini perkembangan media rekreasi juga cukup pesat. Hal tersebut dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi, dan datangnya pandemi.

5. Farmasi-Kosmetik Halal

Manusia tak akan bisa jauh dari obat-obatan dan kosmetika. Pertumbuhan kedua industri tersebut tidak main-main. Maka untuk sukses dalam HVC global, Indonesia juga perlu untuk kuat dalam bidang farmasi dan kosmetik.

Seperti makanan dan minuman, bidang ini juga memerlukan sertifikasi halal yang berintegritas. Karena berhubungan erat dengan tubuh seorang muslim. Tubuh yang harus bebas dari hal-hal yang haram, dalam melakukan aktivitas keseharian.

6. Energi Halal

Energi halal, tentu yang dimaksud adalah sumber energi untuk industri atau keperluan lainnya.

Industri energi yang menjadi andalan HVC, tentunya sebuah energi yang cara menghasilkannya memenuhi ketentuan syariah. Salah satunya adalah memberikan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia. Artinya tidak menimbulkan kerusakan pada alam.

Nah, apakah bisnis anda masuk dalam salah satu kategori di atas?

Jika ya, maka kini waktunya anda bersiap untuk menjadi salah satu pemain HVC global.

Leave a Reply

Your email address will not be published.