• Wed. Sep 21st, 2022

UBICO News

Portal Berita Akuntansi, Pajak, Keuangan dan Bisnis Terpercaya

Bisnis masa sekarang, bisa dilakukan dengan banyak cara. Bahkan hanya dengan bermodal smartphone, kuota, dan rebahan, bisa dilakukan. Ya, sebab jualannya melalui market place.

Market place kini juga menjamur. Semua menawarkan aneka kemudahan untuk berjualan. Tidak perlu buka toko sendiri, cukup daftar ke market place dengan bermodal email dan beberapa persyaratan lain, sudah bisa langsung jualan.

Karena kemudahan tersebut, maka menjadi umum jika satu orang pebisnis memiliki beberapa akun market place. Tentu saja tujuannya adalah barangnya bisa terjual sebanyak mungkin.

Lalu bagaimana caranya agar berjualan di banyak market place bisa lancar dan aman? Berikut lima strategi jitunya.

1. Catat

Selalu catat barang-barang yang anda jual di market place. Pencatatan dalam berbisnis adalah hal yang utama.

Karena menggunakan banyak market place, maka akan lebih baik jika setiap market place memiliki pencatatan tersendiri. Untungnya market place juga membantu setiap penjual untuk mencatat transaksinya secara otomatis. Sehingga riwayat penjualan bisa jadi bahan untuk pencatatan.

2. Cek

Pengecekan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Pengecekan tersebut berupa: pesan masuk dan pesanan. Karena pembeli akan lebih suka dengan toko yang merespon dengan cepat.

Respon yang lambat akan berdampak pada penjualan.

3. Promo

Segala bisnis harus dilakukan promo. Demikian pula berjualan di market place, juga harus melakukan promo.

Promo bisa dilakukan dengan mengikuti program yang telah disediakan. Atau bisa juga melakukan promo sendiri. Namun umumnya mengikuti program promo yang telah disediakan akan lebih efektif.

4. Gunakan Media Sosial

Masih bagian dari promo, peran media sosial sangat penting dalam jualan online. Meski sudah menggunakan market place, media sosial juga tetap penting untuk dimainkan. Sehingga produk yang dijual mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

5. Gunakan Software

Bisnis memang butuh ketelatenan dan kesabaran. Namun sekarang juga sudah tersedia software untuk menggabungkan banyak market place. Jadi pebisnis tinggal instal software, lalu segala pencatatan, pergudangan, sampai akuntansi-keuangan, akan diatur oleh software.

Salah satu software yang bisa dipergunakan untuk banyak market place adalah Jubelio. Dalam software tersebut, pemilik bisnis bisa melakukan transaksi dengan menggunakan banyak market place, hanya cukup melalu satu pintu. Tentu saja lebih efektif dan efisien.

Jika sudah menggunakan software ini, akan lebih mudah dalam mengelola bisnis, terutama yang berjualan di banyak market place. Nah, ternyata mudah bukan untuk berjualan di banyak market place. Tetapi anda tetap harus pegang kunci dalam bisnis, yaitu persistensi dan konsistensi. Dengan keduanya, anda akan dapat melakukan bisnis apapun yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.